Kesehatan Bersama Blog Diagnosis dan penyebab demam yang harus di ketahui

Diagnosis dan penyebab demam yang harus di ketahui

Demam adalah keadaan dimana pada  suhu tubuh meningkat sekitar 38 derajat Celsius lebih yang biasanya reaksi tubuh berhadapan dengan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Adanya kelebihan suhu tubuh yang memberikan dampak demam sebenarnya, kinerja kekebalan sistem pada tubuh dapat menurun sehingga infeksi tubuh dapat mengenai dan menyebabkan demam. Ketika keadaan tubuh dengan panas tidak parah kemudian akan disarankan untuk tidak menurunkan panas tubuh karena gejala ringan dapat sembuh seketika. Penderita dapat menyediakan obat antipiretik agar dapat membantu melawan virus maupun bakteri. Terkadang demam dapat naik bahkan terlalu tinggi, sehingga keadaan harus ditangani secepatnya agar tidak terjadi komplikasi. Untuk memberikan beberapa indikasi dari penderita perlu adanya proses pengecekan suhu tubuh juga gejala yang masuk sehingga dapat di cegah ketika mendapati hal tersebut.

Diagnosis

Dilakukannya diagnosis untuk mengetahui gejala dan pengaruh negatif yang sudah masuk dalam tubuh. Salah satu  cara mengukur suhu tubuh menggunakan termometer, alat yang kecil untuk dimasukan di mulut untuk dapat mengetahui berapa panas pada anak. Kemudian dokter dapat mencari tahu apa penyebab yang ditimbulkan dari penyakit tersebut. Melalui wawancara, pemeriksaan pada bagian tubuh fisik luar secara menyeluruh, serta pemeriksaan penunjang lainnya. Adapun beberapa komplikasi akibat Demam, antara lain:

  1. Dehidrasi, kekurangan cairan tubuh dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan terutama sistem imun yang kelelahan dapat menyebabkan lemas. Kurangnya minum akan mengakibatkan pusing bahkan pingsan dan memberikan dampak buruk jika ada sebab lainnya
  2. Halusinasi, ini dapat mempengaruhi daya ingat seseorang dengan apa tang diinginkan memang tidak sesuai kenyataan namu dengan berhalusinasi juga dapat memberikan pengaruh negatif jika halusinasi berlangsung begitu lama.
  3. Terjadi kejang-kejang, kemudian pada setiap hal yang di luruskan akan memberikan penyebab lainya termasuk kejang yang meliputi bagian dari komplikasi dampak dari pehyakit tersebut.
READ  Pengertian dan penyebab penyakit kuning

Dilansir dari halaman Hallosehat bahwa pada  tubuh yang mempunyai suhu tinggi yakni mencapai lebih dari 38℃, maka penderita sudah bisa dikatakan mengalami Demam. Keadaan terjadi pada umumnya akan mengalami infeksi yang menyebabkan influenza kemudian menjadi infeksi radang tenggorokan, serta radang terjadi pada cedera karena adanya suatu penyakit dalam suatu waktu. Pada bagian yang mengalami kerusakan otak yang sudah mengakibatkan keadaan menjadi buruk  tidak bisa terjadi, pengecualian jika suhu tubuh sudah mencapai 42℃. Kondisi tidak dapat diobati dengan demam biasa karena yang terjadi disebabkan oleh infeksi yang sama sekali jarang  lebih dari 40℃, kecuali ketika penderita  berpakaian berlebihan serta pada di tempat yang mengalami panas. Kemudian terjadi kejang akibat keadaan yang memang sudah terjadi pada kalangan anak-anak. Sekua akan lekas berakhir dan tidak menyebabkan kerusakan total. Kondisi demam tidak  dapat dijelaskan apabila masih berlangsung selama berhari-hari atau bahkan sudah seminggu lebih ada yang menyebutnya sebagai fevers of undetermined origin (FUO) maupun demam yang tidak biasa.

READ  Ini 3 Hal Penting dalam Merawat Lansia Agar Tetap Bahagia di Usia Senja

Respon dari tubuh yang biasa terjadi karena terinfeksi bakteri, ada beberapa penyebab Demam, antara lain:

1. Infeksi seperti influenza, sakit bagian tenggorokan, cacar air,

Infeksi bagian tulang (osteomielitis), radang bagian usus buntu, infeksi kulit dan juga meningitis.

2. Dosis dari obat, kemungkinan adanya obat yang memberikan daya tubuh tidak berkurang.

3. Adanya paparan sinar matahari secara berlebihan, dapat memberikan dampak pusing serta memberi beberapa gejala seperti lemas dan gemetar.

4. Penyakit rheumatoid, gejala berupa pembengkakan dan rasa nyeri di bagian sendi juga jaringan di area sendi serta organ tubuh

  1. Keracunan makanan, keracunan dapat memberikan sakit misalnya sakit perut bahkan bisa memberikan dampak Demam menggigil dan suhu tubuh naik
  2. Kelainan hormon, adanya gangguan seperti penyakit tiroid yang sangat aktif pada tubuh sehingga dapat memberikan gejala yang berterus- terusan
  3. Pertumbuhan gigi pada bayi dan anak, pertumbuhan dialami sejak masih bayi dan mengalami demam itu sudah terjadi dengan sewajarnya.
READ  Inilah Beberapa Cara Dalam Mengobati Demam Reumatik

 

Referensi :

halodoc.com

alodokter.com

 

Referensi gambar :

sehatq.com