Kesehatan Bersama Blog Ini 3 Hal Penting dalam Merawat Lansia Agar Tetap Bahagia di Usia Senja

Ini 3 Hal Penting dalam Merawat Lansia Agar Tetap Bahagia di Usia Senja

Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan. Ketika seseorang menapaki usia senja, maka kondisi tubuh tidak akan sama seperti saat muda dulu.  Kemampuan sel-sel dalam tubuh menjadi tidak prima dan menjadi mudah untuk terserang beberapa masalah terkait kesehatan tubuh. Orang yang tergolong sebagai lansia umumnya berusia diatas 60 tahun. Seiring dengan melemahnya fisik pada orang yang sudah tua, penyakit yang berhubungan dengan kejiwaan terkadang juga menjadi permasalaahan yang sering dijumpai di masyarakat. Dalam merawat lansia pun memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Hal itu disebabkan karena lansia butuh perhatian yang khusus.Namun, merawat orang tua di usia senja bukanlah hal yang tidak mungkin. Berikut ini 3 hal penting dalam merawat lansia agar tetap bahagia.

1. Menjaga asupan makanan

Bagi usia lanjut, kebutuhan asupan makan dalam satuan kalori tidak akan sebesar kebuthhan pada usia produktif. Namun hal itiu bukan berarti asupan gizi yang dibutuhkan tidak seragam. Perlu diupayakan bagi lansia untuk tetap mengonsumsi buah dan sayur sebagai menu harian agar nutrisi seperti vitamin dan mineral bisa terpenuhi. Kendalanya adalah tidak semua orang tua masih mudah mengunyah bahan makanan tersebut. Sebaiknya bahan makanan dipillih yang tidak terlalu keras dan diolah sehingga makanan lebih mudah dikonsumsi.

READ  5 Jenis Alat Kontrasepsi yang Hormonal untuk Keharmonisan Keluarga

2. Mengetahui penyakit yang umum diderita lansia

Seiring matangnya usia, kesehatan tubuh semakin sulit dicapai bagi seorang lansia. Salah satu penyakit yang umum diketahui sebelum menjaga orang tua adalah berkurang dan hilangnya pendengaran. Presbikusis merupakan gangguan pendengaran yang disebabkann oleh usia yang sudah senja. Dengan melemahnya daya pendengaran, diperlukan alat bantu pendengaran sebagai solusi. Kemudian, penyakit lainnya adalah osteoporosis. Penyakit ini terjadi akibat adanya pengeroposan tulang karena kepadatan tulang menjadi berkurang. Sehingga, dengan berjalannya waktu dapat terjadi penyakit ini dan efek terparahnya bisa menimbulkan patah tulang. Jenis penyakit lain yang dapat diderita adalah penyakit yang berhubungan dengan metabolism seperti diabetes, kanker, dan tekanan darah tinggi. Diupayakan sebagai orang yang siap merawat lansia dapat mengetahui sumber-sumber penyakit tersebut dan segera mencegah agar kemungkinan terjadi sakit menjadi lebih kecil.

READ  Pengobatan yang harus dilakukan ketika demam

3. Mencegah depresi

Depresi menjadi salah satu penyakit yang timbul akibat gangguan mental dari seseorang. Orang pada usia lanjut pun ternyata mampu mengidap penyakit berikut. Biasanya, orang tua mengalami gangguan secara emosional dan terjadi perubahan-perubahan sifat maupun sikap yang ditunjukkan. Salah satu penyakit yang serius pada lansia adalah Alzheimer yang mampu merusak daya pikir dan kemampuan untuk mengingat. Penyakit ini dapat menyebabkan orang tua sulit untuk mengingat sesuatu. Sehingga, penyakit ini dapat berdampak terhadap psikologis lansia. Selain itu, gangguan emosional yang dapat dirasakan oleh lansia berkaitan dengan rasa aman dan damai pada kejiwaan. Beberapa penyakit ini apabila terakumulasi dapat menimbulkan permasalahan yang akhirnya menimbulkan depresi. Dampak dari depresi itu sendiri dapat berbentuk seperti melukai diri yang khawatirnya dapat merenggut nyawa. Diharapkan dalam merawatnya, secara mental pada orang lanjut usia bisa ditangani dan dibuat senyaman mungkin untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi. Ada baiknya, apabila merawat lansia yang sudah mulai menjurus pada tidak sehat secara mental, maka berkonsultasilah pada dokter sehingga diagnosis dapat dilakukan secara benar dan pengobatan bisa menjadi tepat sasaran.

READ  Pengertian, diagmosa dan gejala demam kelenjar yang di waspadai

Beberapa penyakit bisa dicegah dengan melakukan pola hidup yang sehat dan menjaga lingkungan agar terhindar dari gangguan luar. Jadi, pastikan orang pada usia lanjut dapat merasakan kenyamanan dan ketenangan di masa tuanya agar masa tua dapat dihabiskan dengan bahagia.

 

 

Sumber :

Hellosehat.com

Health.detik.com

honestdocs.com