Kesehatan Bersama Blog Pengertian dan penyebab penyakit kuning

Pengertian dan penyebab penyakit kuning

 

Penyakit kuning adalah keadaan pada tubuh serta mata yang berwarna kuning pada kulit. Penyakit tersebut tidak disebutnya sebagai penyakit, karena semula  tanda dari suatu penyakit.Biasanya terjadi pada kondisi bayi yang baru lahir memiliki penyakit kuning yang dapat normal dan tidak harus dikhawatirkan. Pada keadaan ini yang seperti ini terjadi pada bayi yang sudah berusia 2-4 hari,  dan akan lekas menghilang dalam hitungan 1-2 minggu. Tetapi apabila memiliki penyakit kuning pada 24 jam pertama pasca kelahiran bayi lahir, maupun kemungkinan bekum menghilang pasca bayi sudah berusia lebih dari 14 hari, segera larikan ke rumah sakit. Dilansir dari Hellosehat penyakit kuning dapat disebutnya sebagai  jaundice atau ikterus. Penyakit pasa keadaan kulit menguning dan bagian mata yang berwarna putih berubah warna menjadi kuning, penyebabnya karena tingginya kadar bilirubin. Adanya bilirubin terbentuk dari pecahnya sel darah merah. Keadaan tubuh saat itu umumnya dalat mengeluarkan bilirubin yang bisa melalui hati. Pada bayi baru lahir dan  belum dapat menyesuaikan diri adanya bilirubin terkadang dapat menumpuk dengan cepat dari kemampuan tubuhnya mengeluarkan, sehingga dapat berdampak menjadi penyakit.

READ  Benarkah Sosiopat Adalah Saudara dari Psikopat?

Dilansir dari Hallosehat Penyakit kuning disebutnya sebagai penyakit jaundice dan bisa dikenal dengan ikterus. Penyakit tersebut mempunyai warna mencolok pada bagian kulit dan pada warna putih di mata penyebab sebenarnya yakni karena ada tingginya kadar bilirubin. Keadaan oerubahan kulit dari bilirubin terbentuk dari  pemecahan sel darah merah. Pada tubuh umumnya dapat mengeluarkan bilirubin melalui hati. Tetapi karena hati pada bayi belum sempurna, bilirubin dapat menumpuk secara cepat dari kemampuan tubuh saat mengeluarkannya, sehingga dapat berubah menjadi penyakit tersebut.

Penyakit tersebut bisa diartikan sebagai penyakit yang umum. Dan lebih sering dialami oleh bayi setelah lahir tetapi tidak menutup kemungkinan pada usia anak-anak. Penyakit tersebut dapat hilang dan sembuh dengan sendirinya selang beberapa hari. Umumnya Penyakit kuning kemungkinan penyakit yang umum. Ada penyakit yang dialami bayi pasca kelahiran, tetapi dapat terjadi juga pada anak-anak. Sementara penyakit tersebut dapat membaik dengan sendirinya dan hilang dalam beberapa waktu. Dilihatnya dari gejala adanya penyakit tertentu.

READ  Diagnosis dan penyebab demam yang harus di ketahui

Adanya gejala dari penyakit tersebut yakni kulit dan bagian mata akan berbeda warna yang normal akan berwarna putih dan yang abnormal akan berwarna kuning berwarna kuning. Gejala-gejala dapat berupa: mulut mempunyai berwarna kuning, urin berbeda warna yakni gelap ataupun coklat layaknya teh, dan feses berwarna pucat. Adanya faktor- faktor yang dapat meningkatkan penyebab mengalami Penyakit kuning, antara lain:

  1. Bayi lahir prematur. Bayi yang lahir sebelum jangka waktu 38 minggu kemungkinan tidak mampu mengolah serta memproses bilirubin secepat bayi dilahirkan tepat waktu. Tentunya bayi akan makan sedikit dan buang air besar menjadi sangat jarang, dan semakin sedikit pada pecahnya sel darah berupa bilirubin dengan dikeluarkan melalui feses.
  2. Kondisi memar saat kelahiran kemungkinan diakibatkan pada proses kelahiran, bayi akan lebih berisiko dengan kadar bilirubin tinggi karena pemecahan sel darah merah yang lebih banyak Penyakit kuning
  3. Adanya golongan darah, apabila golongan darah pada ibu memiliki perbedaan dari bayi, bayi dapat langsung di berikan asupan nutrisi dari antibodi melalui plasenta yang menyebabkan sel darah dapat lebih cepat pecah.
  4. Pemberian ASI, adanya pada bayi yang daoat menerima ASI khususnya dalam perawatan atau bahkan kesulitan mendapat asupan nutrisi yang cukup dari ASI, dapat lebih mudah mendapati Penyakit kuning.
READ  5 Jenis Alat Kontrasepsi yang Hormonal untuk Keharmonisan Keluarga

Referensi:

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

 

Referensi gambar:

popmama.com