Kesehatan Bersama Blog Pengertian, diagmosa dan gejala demam kelenjar yang di waspadai

Pengertian, diagmosa dan gejala demam kelenjar yang di waspadai

 

Demam kelenjar merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus yang dapat  menyerang seseorang khususnya remaja. Gejala demam kelenjar seperti mempunyai kemiripan dengan gejala flu, antara lain sakit tenggorokan, demam, dan menggigil. Demam tersebut tidak berbahaya dan lebih cepat sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu. Setelah menemui kesembuhan, penderita yang dahulunya terserang demam tersebut akan semakin kebal terhadap penyakit apapun. Dalam dunia medis lebih dikenal sebagai mononukleosis dan sering di sebutnya kissing disease karena dapat menular lebih sering ketika menyebar melalui ciuman. Adanya gejala umumnya akan muncul sekitar 4-6 minggu setelah mengalami infeksi virus. Sebagian besarnya gejala lebih cenderung  ringan, bahkan terkadang tidak terlihat memiliki gejala penyakit tersebut.

Pada awal demam pada  kelenjar mendapati gejala Demam kelenjar seperti flu, antara lain:

  1. Sakit kepala, memang terlihat seperti baisanya umumnya lebih memiliki kadar yang semestinya gejala muncul seperti pusing rata-rata orang yang memiliki peenyakit flu akan mengalaminya
  2. Sakit tenggorokan, bisa jadi penyakit yang awalnya di duga penyakit flu karena kesulitan dalam menelan makanan maupun minuman. Tenggorokan akan merasa sakit saja dan nyeri.
  3. Penderita demam dan menggigil, pada demikian ini akan mendapati seseorang mengalami penyakit biasa yang merupakan gejala awalnya di duga penyakit flu terkadang memang sangat sering di kait-kaitkan.
  4. Tubuh lemas dan nyeri otot, dapat di waspadai bila sistem kekebalan tubuh mulai berkurang yang awalnya baik-baik saja menjadi tidak karuan di sebabkan karena seringnya kelelahan sehingga tubuh tampak lemas dan bisa jadi karena kekurangan cairan akibat Demam kelenjar
READ  Diagnosis dan penyebab demam yang harus di ketahui

Setelah gejalanya muncul dalam waktu 1-2 hari akan ada kemunculan gejala lain, meliputi: Pembengkakan kelenjar getah bening, kulit dan bagian putih mata menguning (muncul gejala penyakit kuning), kulit mempunyai bercak ruam yang memerah seperti  campak, di wajah anggota tubuh lain, ada bintik merah di langit-langit mulut, dan perut merasa tidak nyaman akibat pembesaran pada limpa. Pada penyebaran infeksi ada gejala yang masuk dalam katagori kewaspadaan pula jadi tidak di berikan pengobatan secara biasa untuk penyakit menular yang dapat dialami remaja usia 20 tahun lebih. Apabila terjadi pemberian pengobatan pada diagnosis yang sudah di perkirakan akan memberi kesembuhan dalam waktu dekat melalui penanganan Demam kelenjar yang di tinjau secara terus menerus. Penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya yakni hanya dalam beberapa minggu saja. Gejala-gejalanya mungkin ada dalam kurun waktu 10 hari dan dapat merasakann  sakit tenggorokan lebih dari 2 hari. Untuk pemeriksaan dari dokter perlu diadakan pemeriksaan secara total ketika gejalanya seperti:

  1. a) Sakit kepala serta kaku leher, sering menyebutnya dengan salah bantal tetapi ini yang dapat membuat menjadi tambah parah karena demam yang dialami sudah bukan demam di tahap biasa. Untuk penggunaan semuanya pada awal serta akhir dimulainya gejala akan dilakukan secara khusus bila sakitnya berlanjut.
  2. b) Pembengkakan kelenjar getah bening terjadi di beberapa bagian tubuh, pada umumnya beberapa bagian yang sakit dapat memberikan gejala lain namun demikian proses yang dilakukannya penyebaran infeksi virus harus segera di tangani karena bila tidak di tangani maka akan menyebabkan timbulnya penyakit lain.
  3. c) Sakit perut, keadaan pada tubuh akan memberikan dampak buruk karena bada sebagian besar sistem pencernaan tidak mengalami hal yang serius berbeda jika mengalami perubahan secara bertahap Demam kelenjar.
READ  Berikut Pengertian Demam Reumatik yang Harus Diketahui

 

Referensi :

klikdokter.com

hellosehat.com

alodokter.com

 

Referensi gambar :

health.detik.com