Kesehatan Bersama Blog Pengobatan yang harus dilakukan ketika demam

Pengobatan yang harus dilakukan ketika demam

 

Demam adalah keadaan dimana pada  suhu tubuh meningkat sekitar 38°C lebih yang biasanya reaksi tubuh berhadapan dengan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Adanya kelebihan suhu tubuh yang memberikan dampak demam sebenarnya, kinerja kekebalan sistem pada tubuh dapat menurun sehingga infeksi tubuh dapat mengenai dan menyebabkan demam. Ketika keadaan tubuh dengan panas tidak parah kemudian akan disarankan untuk tidak menurunkan panas tubuh karena gejala ringan dapat sembuh seketika. Penderita dapat menyediakan obat antipiretik agar dapat membantu melawan virus maupun bakteri. Terkadang demam dapat naik bahkan terlalu tinggi, sehingga keadaan harus ditangani secepatnya agar tidak terjadi komplikasi. Untuk memberikan beberapa indikasi dari penderita perlu adanya proses pengecekan suhu tubuh juga gejala yang masuk sehingga dapat di cegah ketika mendapati hal tersebut.

Dilansir dari halaman Hallosehat bahwa pada  tubuh yang mempunyai suhu tinggi yakni mencapai lebih dari 38℃, maka penderita sudah bisa dikatakan mengalami Demam. Keadaan terjadi pada umumnya akan mengalami infeksi yang menyebabkan flu kemudian menjadi infeksi radang tenggorokan, serta radang terjadi pada cedera karena adanya suatu penyakit dalam suatu waktu. Pada bagian yang mengalami kerusakan otak yang sudah mengakibatkan keadaan menjadi buruk  tidak bisa terjadi, pengecualian jika suhu tubuh sudah mencapai 42℃. Kondisi tidak dapat diobati dengan demam biasa karena yang terjadi disebabkan oleh infeksi yang sama sekali jarang  lebih dari 40℃, kecuali ketika penderita  berpakaian berlebihan serta pada di tempat yang mengalami panas. Kemudian terjadi kejang akibat keadaan yang memang sudah terjadi pada kalangan anak-anak. Sekua akan lekas berakhir dan tidak menyebabkan kerusakan total. Kondisi demam tidak  dapat dijelaskan apabila masih berlangsung selama berhari-hari atau bahkan sudah seminggu lebih ada yang menyebutnya sebagai fevers of undetermined origin (FUO) maupun demam yang tidak biasa.

READ  Diagnosis dan penyebab demam yang harus di ketahui

Pengobatan

Pada penanganan Demam untuk anak-anak maupun orang dewasa, umumnya demam disebabkan adanya infeksi bakteri yang masuk dalam tubuh, seperti adanya radang tenggorokan, pemeriksaan dari dokter melalui gejala yang masuk akan memberikan resep antibiotik. Dan kemudian untuk demam yang menjadi penyebab dengan infeksi virus, gejalanya seperti flu dan  obat penyembuh dapat membantu meringankan gejala yang dapat memberikan keadaan  tidak nyaman. Penyebabnya sebagai berikut:

  1. Mempunyai lebih banyak berkeringat karena itu asupan cairan sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat membuat penderita merasa pusing juga ingin pingsan.
  2. Perubahan cuaca juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh apabila kekurangan tenaga dalam menghadapi sesuatu hal dan memberikan dampak buruk bagi tubuh.
  3. Apabila mengalami serangan panas berlebihan dari sinar matahari dan menyebabkan penderita akan mengalami pingsan usahakan tepat waktu dalam menghubungi dokter.
  4. Anak serta remaja harus dihindarkan dari aspirin karena penggunaan aspirin yang berlebihan dapat banyak memberikan gejala lain seperti sindrom Reye.
READ  Berikut Pengertian Demam Reumatik yang Harus Diketahui

Beberapa gaya hidup penanganan baik dilakukan dengan sendiri ketika berada di rumah   agar dapat membantu menurunkan Demam, antara lain:

  1. Hindari penggunaan selimut tebal pada kondisi kedinginan, karena penderita hanya butuh istirahat secara total untuk dapat memberikan dampak buruk
  2. Jauhkan baju serta selimut yang menumpuk kepada penderita guna memberikan udara segar
  3. Berikan suasana yang hangat, apabila sewaktu-waktu memberikan makanan serta minuman yang hangat pula saat Demam
  4. Gunakan satu pakaian dan satu lapis selimut untuk dapat terlelap dalam tidur
  5. Gunakan air hangat agar dapat meringankan kedinginan pada penderita. Cukupkan untuk memberikan bagian yang lengkap dengan obat apotek ataupun yang sudah di resepkan dokter
READ  Ini 3 Hal Penting dalam Merawat Lansia Agar Tetap Bahagia di Usia Senja

 

Referensi :

halodoc.com

alodokter.com

Referensi gambar

goitzmedia.com